Pengakuan Iman

Pernyataan Doktrin Sekolah Tinggi Teologi Injili Indonesia Surabaya
 

Keyakinan-keyakinan biblikal yang dinyatakan di bawah ini adalah kepercayaan-kepercayaan doktrinal yang tidak dapat dikurangi dari Sekolah Tinggi Teologi Injili Indonesia.

  1. Kitab Suci Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru secara kata-kata diilhami Allah, tidak ada kesalahan dalam naskah-naskah aslinya dan merupakan otoritas akhir dan tertinggi dalam seluruh aspek kehidupan dan iman.
  2. Allah adalah Esa, yang ada secara kekal dalam tiga pribadi yang sederajat, Bapa, Anak, dan Roh Kudus.
  3. Allah putera berinkarnasi dalam pribadi Yesus Kristus yang diperanakan oleh Roh Kudus dan dilahirkan oleh perawan Maria, dan merupakan Allah dan Manusia sejati.
  4. Tuhan Yesus Kristus mati bagi dosa-dosa kita menurut Alkitab sebagai korban pengganti bagi semua orang yang percaya kepadaNya dibenarkan berdasarkan darahNya yang tercurah, Ia bangkit dari kematian dan naik ke Surga dimana Ia sekarang adalah Imam Besar, Perantara dan Pembela bagi orang-orang percaya.
  5. Tuhan Yesus Kristus akan kembali secara tubuh nyata sebelum kerajaan 1000 tahun dalam kemuliaan Bapa-Nya untuk mendirikan Kerajaan di bumi, dimana Ia akan memerintah dalam kebenaran dan damai sejahtera.
  6. Roh Kudus adalah pribadi, memiliki semua sifat-sifat Ilahi yang khas. Dia adalah Allah. Dia menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghukuman, Dia melahirkan kembali, memeteraikan dan memisahkan orang-orang percaya kepada kehidupan yang kudus. Di dalam kelahiran baru, Dia membaptiskan orang-orang percaya ke dalam tubuh Kristus dan secara permanen mendiami tubuh orang percaya.
  7. Manusia diciptakan dalam gambar Allah Ia berdosa dan karena itu dikenakan bukan saja kematian fisik, tetapi kematian rohani yang merupakan keterpisahan dari Allah. Semua manusia dilahirkan dengan hakekat yang berdosa dan seperti mereka yang memiliki tanggung jawab moral menjadi orang-orang berdosa dalam pikiran, kata-kata, dan perbuatan. Siapa saja yang menerima Tuhan Yesus Kristus sebaga Juruselamatnya, mereka adalah anak-anak Allah, “Diciptakan dalam Yesus Kristus untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan baik”.
  8. Semua orang ditebus secara kekal dijamin keamanannya dengan kuasa Allah melalui kelahiran baru, pendiaman dan materai Roh Kudus, dan doa perantara (syafaat) Kristus menjadi anggota-anggota di atas untuk tujuan melakukan kehendak Allah yang dinyatakan dalam baptisan, perjamuan kudus, menjadikan semua bangsa murid Kristus dll.
  9. Gereja adalah persekutuan orang-orang percaya yang dibaptis menjadi anggota-anggota, diatur untuk tujuan melakukan kehendak Allah yang dinyatakan dalam baptisan, perjamuan kudus, menjadikan semua bangsa murid Kristus dll.
  10. Gereja dalam bentuknya yang tidak kelihatan adalah bersifat universal, tubuh sejati dan mempelai wanita Kristus. Semua orang yang lahir baru adalah anggota tubuh Kristus, tanpa memandang organisasi gereja.
  11. Akan ada kebangkitan tubuh dari orang yang benar dan orang yang tidak benar, kepada orang yang benar diberikan kebahagiaan yabg tiada berakhir dan kepada yang tidak benar mendapatkan hukuman yang tiada berakhir.
  12. Amanat Agung Tuhan Yesus adalah pergi keseluruh dunia untuk memberitakan injil kepada semua mahkluk, menjadikan semua bangsa murid, membaptiskan dan mengajar mereka.
  13. Setan merupakan satu realita dan pribadi.
HUBUNGI KAMI

Jl.Panjang Jiwo Permai IC Surabaya/ (031)8410772/ (031)8480815/ Email : admin@sttii-surabaya.ac.id